Manajemen waktu
Manajemen waktu
Manajemen waktu merupakan suatu guideline atau panduan yang terdiri dari perencanaan, pengendalian dan struktural.
Seorang individu harus memahami nilai waktu baginya untuk berhasil dalam aspek kehidupan dan pekerjaan.
Orang yang membuang waktu adalah orang yang gagal dalam mengatur pola hidup dan identittas mereka sendiri.
Dalam islam hal ini di bahas sangan konsen karna berkaitan dengan bagaimana kita bisa mengatur waktu dengan baik dan tidak rugi.
Nabi Muhammad Bersabda :
نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ
وَالفَرَاغُ
"Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang." (HR. Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Abdul Fattah bin Muhammad dalam Qimatuz Zaman ‘Indal ‘Ulama menjelaskan, kata "tertipu" dalam hadis ini bermakna merugi.
Banyak manusia yang merugi karena nikmat sehat dan waktu luang.
Ada orang yang sehat fisiknya, namun ia seakan tak punya waktu untuk
persiapan akhirat karena terlalu sibuk dengan kehidupan dunia.
Ada pula orang yang punya cukup waktu untuk mempersiapkan akhirat, namun fisiknya sedang tidak sehat.
Padahal, apabila
memiliki keduanya, manusia dapat memanfaatkan waktunya untuk beribadah dan
beramal saleh.
Oleh karena itu, apabila diberikan nikmat sehat dan waktu luang, perbanyaklah ketaatan kepada Allah Swt. Sebab, masa sehat akan disusul sakit, dan waktu luang akan disusul kesibukan.
Maka Waktu yang kita punya adalah 24 jam dalam sehari, untuk bisa mempergunakannya dengan tepat dan efisien menurut kebutuhan masing- masing individu. Hanya saja tidak semua orang mengerti atau menggunakan waktu yang mereka punya dengan sebaik mungkin juga bahkan lalai untuk memahami konsep waktu yang berharga.
Karena inilah adanya istilah, pemberdayaan dan penerapan time management atau manajemen waktu.
Pengelolaan waktu yang baik dapat membantu Anda untuk meningkatkan kinerja, karier dan ibadah. Pengorganisasian setiap hari membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tetap dapat terlibat selama rapat penting dan memberi Anda ruang waktu untuk menjadi kreatif serta proaktif dalam tugas- tugas Anda.
Memiliki keterampilan manajemen waktu yang kuat pada akhirnya dapat mengarahkan Anda kepada pencapaian tujuan utama dan memajukan posisi Anda.
Manfaat dalam management waktu :
1.
Meningkatkan produktivitas efisiensi dalam pekerjaan dan ibadah kita
Sebuah manajemen waktu yang baik akan mampu membawa fokus dan perhatian Anda pada target pencapaian. Anda tidak lagi kebingungan dalam menentukan prioritas jika Anda mempunyai manajemen waktu yang tersusun baik.
Sebuah manajemen waktu yang baik akan mampu membawa fokus dan perhatian Anda pada target pencapaian. Anda tidak lagi kebingungan dalam menentukan prioritas jika Anda mempunyai manajemen waktu yang tersusun baik.
2. Meningkatkan Kepuasan Pekerjaan dan Peningkatan Peluang
Pekerjaan yang selesai tepat waktu dan sesuai tentu akan menambah rasa puas secara pribadi dan memberi Anda lebih banyak kelebihan waktu serta peluang untuk mengeksplorasi peluang- peluang lain yang ada.
3. Mengurangi Kadar Stress dan Tekanan
Dengan tercapainya
target pekerjaan dan ketepatan waktu dapat mengurangi beban kerja, stress juga
tekanan. Disamping itu Anda juga berpeluang untuk merevisi pekerjaan yang Anda
rasa kurang memadai dengan lebih cermat tanpa khawatir.
4. Mencapai Target dan Tujuan
Target yang diinginkan akan lebih cepat terealisasi dan sasaran yang hendak dituju menjadi jelas serta terselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.
Tampaknya tidak pernah ada cukup waktu dalam sehari. Tetapi, karena setiap individu semua mendapatkan kesempatan yang sama yaitu 24 jam,
mengapa beberapa
orang mencapai lebih banyak waktu dan berhasil mengerjakan pekerjaan mereka
dengan tepat waktu daripada yang lain?
Jawabannya adalah terletak pada kemampuan manajemen waktu yang baik.
Menghabiskan hari Anda dalam hiruk-pikuk aktivitas yang tidak tertata seringkali kurang berhasil, karena Anda membagi perhatian Anda diantara begitu banyak tugas yang berbeda tanpa prioritas.
Manajemen waktu yang baik memungkinkan Anda bekerja lebih
cerdas bukan lebih keras sehingga Anda dapat menyelesaikan lebih banyak dalam
waktu yang lebih singkat.
Selamat Berproses .
Selamat Berproses .
KF.
Keren, dapat inspirasi dari tulisan ini.
ReplyDeleteTerimakasih kaaa.
Terimakasih, Sangat Inspirasi...
ReplyDeleteKeren ka fahmi
ReplyDeleteKeren ka fahmi
ReplyDelete